Tujuh Cara Memperbaiki Keretakan Hubungan

shares |

Tujuh Cara Memperbaiki Keretakan Hubungan | Memulai memang lebih mudah daripada menjaga dan merawatnya. Dalam konteks apapun rasanya hal tersebut dibenarkan termasuk soal hubungan, baik hubungan kekeluargaan, hubungan sosial hingga hubungan percintaanpun demikian adanya. Mungkin ketika kita memulai suatu hubungan yang kita butuhkan pertama kali adalah perasaan, tujuan dan komitmen. Namun ketika hubungan sudah mulai berjalan tentunya banyak pupuk yang harus kita berikan agar dapat menjaga dan merawat hubungan yang kita bina supaya lebih berkembang dan dapat tumbuh dengan optimal. Sudah pastinya pupuk – pupuk yang kita butuhkan tersebut relatif banyak mulai dari rasa saling mengerti, rasa saling memahami, kepercayaan, kemesraan hingga rasa nyaman diantara keduanya. Dan bisa jadi ketika beberapa pupuk tersebut tidak dapat diberikan maka hubungan yang ada mengalami suatu keretakan. 

Tujuh Cara Memperbaiki Keretakan Hubungan
Mungkin diantara kita ada yang mengalami keretakan hubungan yang pastinya akan membuat kita merasa sedih dan terus memikirkannya. Karenanya ketika hubungan mengalami suatu keretakan, kita tidak boleh saling menyalahkan melainkan kita harus intropeksi diri mengapa hubungan kita retak. Apakah ada suatu kebiasaan kita yang salah, cara kita yang salah atau ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Dan jika memang sudah retak pastinya kita ingin berusaha untuk memperbaikinya walaupun terkadang keretakan tersebut sulit diperbaiki dan tidak dapat kembali utuh seperti semula akan tetapi pastinya kita harus mencoba memperbaikinya.  Tujuh Cara Memperbaiki Keretakan Hubungan berikut dapat kita lakukan, diantaranya :

1. Intropeksi diri. Ini adalah hal pertama yang harus kita lakukan. Misalnya saja ketika pasangan anda melakukan kesalahan, kita harus intropeksi diri karena bisa jadi kesalahan tidak mutlak karena dia dan ada hal lain yang memicunya. So, tetap berpikir positif seraya mengintropeksi diri.

2. Jangan menuntut. Tak ada orang yang mau dituntut, termasuk kita mungkin. Karenanya jangan menuntut dan berlakulah lebih bijak.

3. Saling memaafkan dan meminta maaf. Saling bermaaf – maafan mungkin menjadi solusi pertama untuk mencairkan keadaan dan membangun kembali sesuatu yang mengalami keretakan.

4. Buat komitmen. Buatlah komitmen yang tidak mengungkit masalah yang telah lalu agar sama – sama merasa nyaman dan tidak memicu masalah yang lebih besar di kemudian hari.

5. Hindari pemicu keretakan hubungan. Jangan melakukan kesalahan yang sama karenanya hindarilah hal yang dapat memicu keretakan hubungan anda.

6. Bekerja sama menyelesaikan konflik. Jika yang berperan hanya salah satu pihak mungkin konflik tidak akan ada selesainya karena itu dua orang yang merasa memiliki masalah harus bekerja sama menyelesaikan konfliknya.

7. Kembali mempererat hubungan. Kembalilah untuk memupuk lagi kepercayaan, rasa saling mengerti dan rasa nyaman yang sebelumnya mulai memudar.

Mungkin beberapa hal diatas dapat kita coba terapkan untuk memperbaiki hubungan yang terlanjur retak. Tetap berpikir positif dan semoga Tujuh Cara Memperbaiki Keretakan Hubungan bermanfaat. Jangan lupa membaca Tujuh Tips Memilih Gaun Bagi Yang Bertubuh Gemuk dan Pendek

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar